Infografis POTICO Project oleh World Resources Institute

Pada kesempatan kali ini HOI bekerjasama dengan World Resources Institute untuk membuat infografis yang memvisualisasikan  Project Potico untuk menyambut pertemuan tahunan RSPO 2013 di Medan. Hasil karya visualisasi ini merupakan favorit kami sejauh ini, kami sangat puas dengan hasilnya, yang tidak akan didapat tanpa kerja sama yang baik dari semua individu baik di tim maupun klien :)

Indonesia yang penuh dengan kekayaan alam, termasuk hutan yang ada di negara kita.Indonesia adalah negara yang memiliki hutan hujan terbesar ketiga di dunia, tentu ini menjadi rumah bagi keanekaragaman hayati serta salah satu pendorong ekonomi bagi masyarakat. Tingginya kebutuhan negara ini membuat area hutan kita berkurang dengan pesat, sehingga Indonesia selalu masuk dalam daftar negara penyumbang angka deforestasi. Deforestasi di Indonesia berdampak pada habitat satwa dan salah satu faktor yang tinggi emisi CO2.

Dari permasalahan ini baik negara, lembaga sosial hingga masyarakat mencoba untuk melindungi hutan di Indonesia. Lembaga sosial yang turut serta salah satunya adalah World Resources Institute (WRI) yang bergerak dibidang lingkungan berbasis ekonomi sosial. Menurut WRI, kunci untuk melindungi hutan Indonesia terletak pada reformasi sektor kehutanan dan pertanian. Dengan memberikan perangkat bagi industri untuk memproduksi komoditas seperti kelapa sawit dan kertas secara berkelanjutan, Indonesia dapat meningkatkan produksi agrikulturnya tanpa harus berkontribusi terhadap deforestasi. Solusi yang ditawarkan adalah “Tukar-Menukar Lahan” untuk Produksi Kelapa Sawit Berkelanjutan di Indonesia.

Infografis-WRI-POTICO-send-01

Klik pada gambar untuk melihat infografis dalam ukuran besar

Salah satu perkembangan menjanjikan dalam skema tersebut adalah penggunaan lahan terdegradasi bagi perkebunan baru untuk kelapa sawit maupun komoditas lainnya. Praktik ini meliputi penempatan perkebunan baru pada lahan yang memang sudah tidak berhutan atau terdegradasi, alih-alih menebang lahan berhutan yang berharga. Meskipun demikian, produsen harus menghadapi sekumpulan peraturan yang rumit jika mereka ingin menggeser operasi mereka dari lahan berhutan ke lahan terdegradasi.

Infografis-WRI-POTICO-send-02

Klik pada gambar untuk melihat infografis dalam ukuran besar

Potico Project oleh World Resources Institute

World Resources Institute (WRI) dengan analisis data mendukung pemerintah masyarakat sipil agar permasalah Hutan di Indonesia ini bisa terselesai dengan adil dan efektif dengan “Tukar-Menukar Lahan” untuk Produksi Kelapa Sawit Berkelanjutan. Proyek ini biasa dikenal sebagai Project POTICO.

Hal ini dilandasari atas pentingnya perekonomian Indonesia dan dunia yang sangat bergantung dengan produksi kelapa sawit dengan tidak mengesampingkan kelestarian alam kita. Pemerintah mendukung dan turut serta untuk mengurangi emisi CO2 dan mengembangkan strategi untuk penggunaan lahan. Secara lengkap mengenai POTICO bisa dilihat Infografis di bawah ini. Harapannya tukar-menukar lahan dapat membantu Indonesia untuk menjawab permintaan pasar ini dengan juga mengurangi dampak lingkungan.

Infografis-WRI-POTICO-Poster-01

Klik pada gambar untuk melihat infografis dalam ukuran besar

Comments

comments